Laman

Sabtu, 16 November 2013

Es Cincau Hijau Lembut Menyehatkan




Kayaknya gk asing lg kan ma yg satu ini “Cincau Hijau”. Minuman favorite, antioksidan yang baik, murah, enak dan segar yang juga berguna untuk membantu penyembuhan tekanan darah tinggi, mengatasi gangguan nyeri pada perut, dan panas dalam.
Bedanya dengan cincau hitam atau sering di sebut “Cao”, Cincau hijau proses pembuatannya lebih gampang yaitu dari Daun Cincau yang setelah jadi hanya bertahan sekitar 3 hari setelah itu dia akan kembali menjadi cair. Sedangkan, Cincau hitam lebih tahan lama dan proses pembuatannya juga beda.


Daun yang digunakan untuk membuat cincau hijau ini harus yang tipis dan lemas. Kalo yang tebal dan kaku, rasanya agak pahit. Untuk daunnya perhatikan saja yang pangkal daun berlekuk, tengah melebar dan ujungnya meruncing dengan panjang antara 5 sampai 10 cm. Tepi daun berombak dan permukaan bawah daun berbulu halus, sedangkan permukaan atas daun berbulu jarang dan terasa kasar bila dipegang. Petik yang warnanya hijau tua, tetapi jangan yang sudah terlalu tua. Kalau lagi rimbun, bisa petik daunnya banyak. Tapi kalau sedang tidak berdaun, jangan diambilin dulu daunnya deh yaaa… kesian tuch biarin tumbuh dulu… :)

Bahan-bahan:
- 50 lembar daun cincau hijau
- 500 ml air matang

Cara Membuat :
1.    Remas daun cincau hingga keluar gel yang berwarna hijau tua sambil ditambahkan 500 ml air matang tadi sedikit demi sedikit. (semakin banyak air, agar-agar dari cincaunya akan lebih lembek)
2.    Saring dengan kain halus untuk bisa diambil airnya saja, pindahkan kedalam mangkuk yang bersih.
3.    Biarkan di tempat dingin (atau di lemari es) hingga mengeras dan menjadi agar-agar (sekitar 3-4 jam)
4.    Setelah keras, potong2 dengan cara disendoki, taro di gelas untuk disantap bersama orang2 tersayang.

Penyajian:  Taruh Cincau Hijau ke dalam gelas tambahkan air gula jawa dan santan :)
* (biar aroma lebih siipp… saat merebus santan tambahkan daun pandan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar